Senin, 22 Agustus 2011

Meredam Emosi Ketika Menghadapi Anak

Kadang sedih klo liat anak nangis ngga karuan,mau ny apa orang tua ngga ngerti.Pas saya ngga lagi sabar,kadang anak dimarahi karena nangis mulu,tp akhirny jadi bersalah karena yg diinginkan anakny cuma hal sepele.Untung punya suami yg sabaran.Kadang ketika saya curhat habis marahin Kenzie,suami cuma bilang,"kasian anak kita dimarahin,kan belum ngerti,ma...".Jadi jimat ni kata-kata papa dan ngga jadi deh marahinny ^^
Oh y,sekedar tips bagi orang yg ngga bisa ngontrol emosi.Kadang apa yg dilakukan anak tidak seperti apa yg diharapkan.Alhasil anak dimarahin sama orang tua.Saya juga termasuk orang yg belum pandai mengontrol emosi.Apa yg saya lakukan ketika apa yg dilakukan anak diluar kehendak kita?Gerakan Bisu.Tepatny saya tidak berkata apapun,hanya mengikuti apa yg anak mau.Biasany selama proses mem-Bisu itu emosi saya perlahan-lahan menurun dan bisa lebih paham apa yg anak lakukan.Hasilny tak ada acara memarahi anak,emosi lebih terkontrol dan solusi menjadi mudah terpecahkan.
Selain itu berfikir bahwa anak dibawah 1thn kan blm paham apa-apa.Tidak pantas jika anak sebesar itu dimarahi ketika sedang rewel.Menangis adalah salah satu cara mengungkapkan apa yg anak mau.Dan ingat juga bahwa anak adalah titipan yg harus kita jaga dan didik sebaik mungkin.InsyaAllah dengan semua itu emosi kita lebih terkontrol..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar